2021/09/06

SETTING GOALS TIM MATEMATIKASYIK

Hai Hexagonia, 
Semoga semangatnya masih membara dalam jiwa.

tak terasa keempat jurnal bersua
menapaki asa yang tak mudah jua
meniti jalan yang berliku manja
peluh dan tawa bertukar sapa




Smart Goals sangat dibutuhkan dalam mencapai tujuan tim. why ?
because,,,,,
Tim yang menetapkan tujuan akan :
1. Memiliki keyakinan akan tujuan tim
2. memiliki perencanaan yang terperinci
3. tidak menunda dan melakukan tugas yang penting guna mampercepat tercapainya tujuan
4. memenuhi harapan akan tujuan kecil yang akan menuntun untuk menentukan tujuan selanjutnya/ tujuan yang baru di tahap berikutnya dan mencapai kesuksesan

Tujuan yang akan ditetapkan juga sebaiknya memenuhi kaidah :
1. tidak terlalu mudah
2. tidak terlalu sulit
3. terdapat chalenge supaya lebih menarik dan menantang
4. SMART (Specific, Measurable/terukur, Achievable/dapat dicapai, Relevant/bermanfaat relevan dengan kenyataan, Timebound/target waktu) 

jadi , tim "Matematikasyik" akan membuat tujuan SMART yaitu :
Membuat dan Menjual Minimal 10 Produk Media Pembelajaran "Matematikasyik" dalam 6 bulan kedepan

Indikator sukses :
1. Membuat 1 produk media pembelajaran Matematikasyik
2. Produk lengkap berisi : media touchable, buku petunjuk, worksheet, video tutorial, chalenge/tes online yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun
3. Menjual minimal 10 produk

Peta Sumber Daya :
Content creator : Sanni , Rahma, Ani
Layout : Daniel
Evaluator Ahli : Uky , Happy

Milestone
1. Oktober 
    Content creator : membuat formulir angket untuk survei ke anak sekolah
    Layout              : membuat logo Matematikasyik
    Evaluator Ahli  : Mereview angket

2. November - Desember 
    Content creator : membuat proposal untuk pengajuan sponsorship, membuat media , buku petunjuk,                                  worksheet, chalenge/tes online
    Layout              : membuat packaging produk media matematikasyik supaya memiliki nilai estetik                                     dan mempunyai nilai jual
    Evaluator Ahli : mengevaluasi media , buku petunjuk, worksheet, chalenge/tes online

3. Januari
    Uji coba produk di minimal 3 sekolah
    daftar hak paten
    membuat toko virtual

4. Februari 
    Marketing melalui sosial media, webinar, broadcast dll
    Produksi dan pengiriman

5. Maret
    Selebrasi tim (Tumpengan )

Faktor pendukung :

Golden rules : 
-selesaikan apa yang sudah dikerjakan
- jika ada konflik, sampaikan kepada YBS, jangan bisik-bisik di belakang YBS
-keputusan yang diambil saat emosi, batal demi hukum

Exit procedure :
-sampaikan alasan dengan santun, jelas, rasional, dan tidak memojokan pihak tertentu secara terbuka di wa grup tim
- leader akan menjawab dan mengeluarkan dari tim secara baik-baik.


#smartgoalsdansumberdaya 
#ibupembaharu
#bundasalihah
#darirumahuntukdunia
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#semestaberkaryauntukindonesia
#ibuprofesionaluntukindonesia

No comments: